KULIAH UMUM

SEMESTER GASAL 2023/2024

Pada hari sabtu, tanggal 9 Desember 2023 bertepatan dengan hari korupsi, Magister Ilmu Hukum melaksanakan kuliah tamu bertempat di gedung rektorat lantai 4 Ruang Seminar, Kuliah Umum Dengan Tema "Peran Mahasiswa Dalam Pemberantasan Korupsi" dengan pemateri oleh Bapak Hentoro Cahyono, S.H., M.H. Deputi Bidang Pengkajian Dan Pemasyarakatan Konstitusi Sekertariat Jendral MPR RI, kuliah umum diikuti oleh Semester 1, 2, dan 3 Magister Ilmu Hukum, dalam kuliah umum tanggal 9 Desember 2023 beliau menjelaskan bagaimana Korupsi itu terjadi, apasaja yang termasuk dan dianggap sebagai korupsi dan masih banyak ilmu yang beliau sampaikan dalam kuiah umum tersebut, terlihat dari antusias mahasiswa yang banyak memberi pertanyaan kepada beliau.

 

Fakultas Hukum - Program Studi Magister Ilmu Hukum bersama Program Studi Ilmu Hukum (S1) bersama-sama menyalurkan bantuan untuk korban terdampak bencana banjir pada Hari Rabu 10 Januari 2023, Bersama Dosen, Staf, dan Mahasiswa Fakultas Hukum melaksanakan kegiatan Bantuan Sosial untuk Desa Rejosari dan Desa Wonoagung Kabupaten Demak.

Bapak Mulyanto selaku camat desa tersebut menerangkan bahwa saat ini desa-desa terdampak banjir  di Kabupaten Demak termasuk Desa Rejosari dan Desa Wonoagung minim bantuan Kebutuhan Pokok, Fakultas Hukum menyalurkan Bantuan Logistik seperti Beras, Telur, Mie Instan dan sejumlah makanan ringan untuk Korban Banjir.

 

MIH - Program Studi Magister Ilmu Hukum melaksanakan kuliah tamu pada hari sabtu, 3 Desember 2022 dengan tema "Kontribusi / Peran Nilai-nilai Kearifan Lokal Dalam Pembuatan Kebijakan Publik" Narasumber oleh Bupati Kudus Bapak Dr. H. M. Dr. Hartopo, S.T., M.M., M.H., yang diikuti oleh Mahasiswa Magister Ilmu Hukum Semester 1, 2, dan 3 serta Dosen Magister Ilmu Hukum.

Bapak Dr. H. M. Dr. Hartopo, S.T., M.M., M.H., menyampaikan dalam pembuatan kebijakan hukum di daerah perlu memperhatikan kearifan lokal yang ada pada daerah, beliau menyampaikan agar kita sebagai warga kudus sendiri agar lebih mengenal keararifan lokal yang ada pada daerah sehingga dapat mengimplementasikan dalam kepentingan / kebijikan suatu instansi, sehingga kearifan lokal dapat dibawa dan diperkenalkan lebih luas lagi. Mahasiswa Magister Ilmu Hukum sangat antusias dalam mengikuti kuliah tamu kali ini, banyak mahasiswa yang mengajukan pertanyaan. 

 

MIH UMK - Program Studi Magister Ilmu Hukum, Fakultas Hukum, Universitas Muria Kudus menyelenggarakan kuliah umum pada hari Sabtu, 26 November 2022. Kuliah umum dengan tema "Manajemen Risiko dalam Pembuatan Kontrak Bisnis, yang di Narasumber Prof. Dr. H. Joni Emirzon, S.H., M.Hum., FCBArdb., Dosen Univeritas Sriwijaya Palembang, kuliah umum yang diikuti oleh Mahasiswa Magister Ilmu Hukum Semester 1, 2, dan 3, serta Dosen Magister Ilmu Hukum.

Pembukaan yang secara langsung oleh Ka. Prodi Magister Ilmu Hukum Bapak Dr. Suparnyo, S.H., M.S., dan dilanjut oleh pemateri, Prof. Dr. H. Joni Emirzon, S.H., M.Hum., FCBArdb. menyampaikan dalam melaksanakan kontrak bisnis, harus adanya keadilan dari dua belah pihak, tidak memberatkan salah satu dari pihak yang menandatangi kontrak, untuk kontrak bisnis lebih baik dibuat sebelum kontrak terlaksana dan sesudah kontrak terlaksana. 

Dari paparan yang diberikan oleh narasumber, mahasiswa antusias untuk mangajukkan pertanyaan, dan meminta tips, bagaimana agar dalam melaksanakan kontrak bisnis, dapat mengamati secara cepat adanya kalimat yang dapat merugikan pihak lainnya.(MIH)

 

 

19 November 2022 - Kuliah Perdana terlakasana secara daring via Zoom, Kuliah Perdana yang bertema "Penerapan Teori-teori Hukum dalam Penelitian Hukum" Narasumber oleh Prof. Dr. H. Gunarto, S.H., M.Hum. Rektor Universitas Islam Sultan Agung Semarang. yang diikuti oleh Mahasiswa Magister Ilmu Hukum Semester 1, 2 & 3, serta Dosen Magister Ilmu Hukum.

Kuliah perdana kali ini ditujukan untuk mahasiswa agar lebih tepat dalam menerapkan teori-teori hukum yang akan diaplikasikan dalam penelitian. Prof. Dr. H. Gunarto, S.H., M.Hum sendiri banyak memberi contoh teori-teori yang dari berbagai pandangan. Pada sesi tanya jawab, banyak mahasiswa yang mengajukan pertanyaan kepada pembicara, dari berbagai pertanyaan mahasiswa mengajukan pertanyaan yang sesuai dari penelitian masing-masing mahasiswa. (MIH)

 

Joomla! Debug Console

Session

Profile Information

Memory Usage

Database Queries